Rabu, 27 April 2016

fax

MESIN FAX
1. Pengetian Fax Dan Mesin Fax

Faksimile atau biasa dikenal dengan faks/fax, berasal dari kata 'fac simile' (make similar) dalam bahasa latin, yang artinya membuat salinan yang sama dengan aslinya. Dalam bidang yang lain, mesin faks juga dapat disebut telecopier. Mesin faks adalah peralatan komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan dokumen dengan menggunakan suatu perangkat yang mampu beroperasi melalui jaringan telepon dengan hasil yang serupa dengan aslinya.

2. Cara Mengirim Dokumen Menggunakan Mesin Fax 

langkah 1
Membuat surat pengantar untuk memastikan untuk siapa dan kemana dokument ini akan dikirim dan apakah nomor yang dituju benar atau salah. Masukkan surat pengantar terlebih dahulu sebelum dokumen Anda ke dalam mesin fax feeder yang menghadap ke arah mesin.

langkah 2

Masukkan nomor fax tujuan ke dalam mesin fax anda. Akan ada tombol angka digit seperti tombol telepon pada mesin fax. Hati-hati ketik nomor sehingga Anda tidak membuat kesalahan, karena sulit untuk mengetahui bila Anda telah menghubungi nomor faks yang salah.

langkah 3
Tekan tombol kirim jika Anda telah benar memasukkan semua angka ke dalam mesin. Ini akan memulai pengiriman dokumen. Tombol kirim biasanya lebih besar dan memiliki warna yang berbeda dari pada tombol yang lain dan mudah untuk dicari. Biasaya, tombol ini ditempatkan di samping atau di bawah keypad mesin fax anda.

langkah 4
Tunggu sampai dokumen Anda melewati mesin dan kumpulkan jika sudah selesai. Apa pun dokumen yang akan Anda kirimkan akan melewati serangkaian rol dan direkam secara digital di dalam mesin fax.

langkah 5
Tunggu sampai ada konfirmasi di layar monitor yang akan memberitahukan Anda apakah kiriman faks Anda berhasil terkirim atau tidak. Di langkah ke lima ini merupakan langkah terakhir, apabila terkirim berarti sudah selesai dalam pengiriman fax ke nomor tujuan.
 3. Kelebihan Dan Kekurangan Mesin Fax

Mesin faks membantu pengiriman suatu dokumen ke tempat yang jauh dalam waktu singkat. Ketika mengirim dokumen ke tempat yang jauh, maka mesin faks akan mengirim lebih cepat dan spontan melampaui kinerja pengiriman surat melalui pos. Namun kekurangan mesin faks dalam kualitas telah menurunkannya dalam posisi di bawah surat elektronik atau email sebagai bentuk alat transfer dokumen secara elektronik yang telah tersebar luas dan digunakan banyak sekali orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar